Friday, April 10, 2015

IceWarp dan Collabora Bekerjasama, LibreOffice Online Bisa Diluncurkan



IceWarp dan Collabora Bekerjasama, LibreOffice Online Bisa Diluncurkan
by Lazuhardianto · 26 March 2015

Tahun 2011 lalu tersiar kabar pengembangan LibreOffice Online. Tapi sayangnya hingga kini masih belum dirilis juga, pihak pengembang masih terlihat fokus mengembangkan versi desktop LibreOffice.
Hari ini kabar menyenangkan terdengar dari pengembang LibreOffice. Harapan peluncuran LibreOffice Online tak sirna begitu saja setelah dua perusahaan besar—IceWarp dan Collabora— bekerjasama mengembangkan LibreOffice berbasis web.
IceWarp dan Collabora berujar, “akan bekerja berdampingan dengan ribuan kontributor aktif LibreOffice untuk mengimplementasikan seluruh porsi penyuntingan online pada software, termasuk server yang disediakan LibreOffice, dan front-end berbasis teknologi HTML5. Hasilnya akan menjadi solusi server yang benar-benar matang, yang diberikan oleh layanan lain, individu, atau proyek dalam komunitas bisa menggunakannya sebagai aplikasi dan servis.”
Collabora adalah konsultan open source yang menawarkan LibreOffice Enterprise sedangkan IceWarp membuat server mail bisnis dan platform kolaborasi untuk Windows dan Linux.
Belum ada tanggal pasti peluncuran layanan tersebut tapi IceWarp berharap LibreOffice Online bisa dirilis akhir tahun ini.
Jika LibreOffice Online dirilis, layanan ini akan menjadi alternatif yang sangat hebat sebagai pengganti software proprietary yang ditawarkan oleh Google Docs dan Office 365. Dan layanan ini akan menjadi layanan pertama yang secara native mendukung standar ODF atau Open Document Format.
Gambar: Document Foundation

0 komentar:

Post a Comment