Menurut Tom’ Hardware, Microsoft DirectX 12 bakal
memungkinkan GPU AMD bersanding dengan GPU NVIDIA dalam setup multi
kartu grafis. Hal tersebut dimungkinkan berkat fitur Asynchronous
Multi-GPU milik DirectX 12. Berkat kemampuannya melakukan abstraksi
hardware tingkat rendah, DirectX 12 memungkinkan para pengembang game
bisa lebih dekat ke tingkatan hardware. Bersama dengan fitur Explicit
Asynchronous Multi-GPU, DirectX 12 mampu mengombinasikan sumber daya
komputasi grafis ke dalam “wadah tunggal” tanpa mempedulikan pabrikan
hardware.
Pengembang game memiliki kebebasan untuk menyalurkan tugas komputasi
grafis ke GPU berbeda. Selain itu, DirectX 12 menyajikan teknik frame
rendering baru yakni Split Frame Rendering (SFR) yang diduga bakal
memungkinkan data tekstur dan geometri dibagikan di antara GPU. Jajaran
GPU bisa me-render satu frame secara kolektif karena tiap GPU menangani
bagian spesifik dari frame tersebut dan jumlah bagian frame penyususun
sama dengan GPU yang terinstal. Kemampuan me-render satu frame sekaligus
membuat antrian pemrosesan lebih pendek sehingga memungkinkan frame
rate lebih tinggi.Singkatnya, DirectX 12 mampu mengombinasikan multi GPU menjadi satu tanpa mempedulikan pabrikan pembuatnya. Bahkan, DirectX 12 dikabarkan bisa mendukung chip grafis buatan AMD, NVIDIA, Intel, dan Qualcomm. Teknologi baru ini bisa menjadi pertanda berakhirnya teknologi multi-GPU seperti AMD CrossFire dan NVIDIA SLI.
(Sumber: Tom’s Hardware, WCCFtech)
0 komentar:
Post a Comment