Monday, March 9, 2015

Microsoft DirectX 12 Mungkinkan Penggunaan GPU AMD dan NVIDIA Secara Bersamaan


 
Sumber gambar: Micorosoft.
Menurut Tom’ Hardware, Microsoft DirectX 12 bakal memungkinkan GPU AMD bersanding dengan GPU NVIDIA dalam setup multi kartu grafis. Hal tersebut dimungkinkan berkat fitur Asynchronous Multi-GPU milik DirectX 12. Berkat kemampuannya melakukan abstraksi hardware tingkat rendah, DirectX 12 memungkinkan para pengembang game bisa lebih dekat ke tingkatan hardware. Bersama dengan fitur Explicit Asynchronous Multi-GPU, DirectX 12 mampu mengombinasikan sumber daya komputasi grafis ke dalam “wadah tunggal” tanpa mempedulikan pabrikan hardware.
Pengembang game memiliki kebebasan untuk menyalurkan tugas komputasi grafis ke GPU berbeda. Selain itu, DirectX 12 menyajikan teknik frame rendering baru yakni Split Frame Rendering (SFR) yang diduga bakal memungkinkan data tekstur dan geometri dibagikan di antara GPU. Jajaran GPU bisa me-render satu frame secara kolektif karena tiap GPU menangani bagian spesifik dari frame tersebut dan jumlah bagian frame penyususun sama dengan GPU yang terinstal. Kemampuan me-render satu frame sekaligus membuat antrian pemrosesan lebih pendek sehingga memungkinkan frame rate lebih tinggi.
Singkatnya, DirectX 12 mampu mengombinasikan multi GPU menjadi satu tanpa mempedulikan pabrikan pembuatnya. Bahkan, DirectX 12 dikabarkan bisa mendukung chip grafis buatan AMD, NVIDIA, Intel, dan Qualcomm. Teknologi baru ini bisa menjadi pertanda berakhirnya teknologi multi-GPU seperti AMD CrossFire dan NVIDIA SLI.

(Sumber: Tom’s Hardware, WCCFtech)

0 komentar:

Post a Comment