Saturday, April 4, 2015

Apa yang Baru di GNOME 3.16?

Apa yang Baru di GNOME 3.16?

gnomeBeberapa hari yang lalu GNOME 3.16 diluncurkan. Tentunya para pengguna desktop berbasis GTK ini selalu menunggu hal-hal baru yang ditawarkan oleh GNOME, apalagi sejauh versi yang telah diluncurkan, GNOME 3.16 dianggap sebagai GNOME terbaik yang pernah ada.
Peluncuran GNOME 3.16 tepat dilakukan pada tanggal 25 Maret dengan waktu pengembangan selama enam bulan. Peluncuran ini membawa 33.525 perubahan yang digawangi oleh 1.043 kontributor.
Banyak sekali perbaruan yang ada di fitur-fitur populer termasuk GNOME Shell, sistem notifikasi, notifikasi popup yang lebih lengkap, scrollbar overlay, penambahan fungsi pada Nautilus, dukungan terhadap emulasi scroll wheel di trackball, NFS, Wayland pada login screen, dan wallpaper Adwaita.
Perbaruan juga bisa ditemukan di komponen-komponen inti termasuk GTK+, Tracker, GNOME Maps, Eye of GNOME, GNOME Control Center, GNOME Music, GNOME Terminal, Videos, gdk-pixbuf, GLib2, lagno, libsoup, GNOME Photos, GNOME Documents, Calculator, Mutter, dan Evince.
Para pengembang pun merilis aplikasi-aplikasi baru untuk desktop GNOME seperti GNOME MultiWriter (untuk merilis berkas ISO ke banyak perangkat USB sekaligus), GNOME Taquin (game puzzle), GNOME Books, dan lainnya.

0 komentar:

Post a Comment