Friday, April 10, 2015

openSUSE Factory dan Tumbleweed Akan Bergabung Bulan Depan



openSUSE Factory dan Tumbleweed Akan Bergabung Bulan Depan
Distro rolling release openSUSE Factory dan Tumbleweed akan bergabung bulan depan menyusul peluncuran openSUSE 13.2.



openSUSE Tumbleweed merupakan versi rolling release dari openSUSE yang sudah berjalan beberapa waktu lalu. Sedangkan openSUSE Factory adalah versi next/unstable/development dari openSUSE (mirip dengan Fedora Rawhide). Di pertengahan tahun ini, openSUSE Factory mengubah dirinya menjadi proyek rolling release.
Begitu banyak pengguna openSUSE yang sudah memakai rolling release versi Factory. Dibandingkan openSUSE Tumbleweed yang hanya digunakan kurang dari 6000 pengguna. Dalam waktu yang sama, openSUSE Factory sudah digunakan 2000 pengguna di akhir bulan Juni kemudian meningkat menjadi 6000 pengguna di akhir Agustus. Peningkatan pengguna openSUSE Factory yang signifikan ini membuat para pengembang memutuskan untuk menggabungkan dua versi distro ini menjadi satu distro rolling release.
Tumbleweed dan Factory akan bergabung menjadi satu distro openSUSE rolling release yang menggunakan nama Tumbleweed sedangkan Factory akan diubah namanya menjadi nama dari proses pengembangan openSUSE.
Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, opensuse 13.2 akan diluncurkan bulan November sehingga penggabungan dua distro rolling release ini juga pada bulan November.

0 komentar:

Post a Comment